Pages

November 26, 2012

Global Warming

Setelah musim panas yang lumayan panjang, akhirnya daerah Jakarta dan sekitarnya boleh merasakan musim penghujan yang sudah dtunggu-tunggu karena sudah bosan dengan musim panas yang lumayan mencekam. Serem banget jika saya bilang mencekam hehe, wajar saja menurut saya karena setelah terjadi pemanasan global yang semakin parah dan ada kabar buruk cuaca di Indonesia akan naik 4 derajat.

Perwakilan hampi dari 200 negara berkumpul dalam konferensi Perubahan Iklim yang diselengarakan di Doha, Qatar mulai hari kemarin Senin, 26 November 2012 untuk membahas kembali upaya memperlambat laju pemanasan global yang disepakati sejak 2009 namun belum menunjukan kemajuan yang signifikan.

Eitzz Stop... kali ini kita bukan mau membahas tentang betapa menyeramkannya Global Warming tapi bagaimana cara kita untuk mencegah Global Warming dengan cara kecil tapi berdampak tapi sebelumnya kita harus mengenal penyebab Global Warming yang sering kita dengar “Gas Rumah Kaca”

Apa sih “Gas Rumah Kaca”? Gas Rumah Kaca (GRK) adalah gas diatmosfir yang berfungsi sebaga penjaga hangatnya bumi (CO2, NO2, CH4).

Kalian pasti tau rumah kaca yang berfungsi sebagai penghangat bagi tumbuh-tumbuhan yang ditanam di dalamnya. Demikian juga fungsi GRK, sebenarnya GRK sangat bermanfaat karena tanpa GRK bumi akan terlalu dingin untuk ditempati, namun sebaliknya apabila efek GRK terlalu kuat bumi akan lebih hangat dari sebelumnya alias over panas. Inget sesuatu yang berlebihan pasti ga baik, kekurangan juga ga baik.. Makanya sedang-sedang saja alias normal hehe..

Pemanasan Global

Pemanasan Global adalah suatu istilah yang menunjukan adalahnya kenaikan rata-rata temperatur Bumi, yang kemudian menyebabkan perubahan dalam iklim. Bumi yang lebih hangat dapat menyebabkan perubahan siklus hujan, kenaikkan permukaan air laut, dan beragam dampak pada tanaman, kehidupan liar, dan manusia. Ketika para ahli ilmu pengetahuan berbicara mengenai permasalahan perubahan iklim, yang menjadi pusat perhatian adalah pemanasan global yang disebabkan ulah manusia.

Mungkin sulit untuk dibayangkan bagaimana manusia dapat menyebabkan perubahan pada iklim di Bumi. Namun, para ahli sepakat bahwa ulah manusialah yang memacu besarnya jumlah gas rumah kaca dilepaskan ke atmosfir dan menyebabkan Buni menjadi lebih panas.

Dahulu, semua perubahan iklim berjalan secara alami. Tetapi dengan adanya Revolusi Industri (penggunaan mesin-mesin), manusia mulai mengubah iklim dan lingkungan tempatnya hidup melalui tindakan-tindakan agrikultural dan industri. 

Kapan kita Melepaskan GRK?
  1. Penggunaan mesin-mesin (Industri, Mobil, Motor, dll)
  2. Beberapa Energi, contoh: Listrik, bahan bakar, dll
    Sederhananya semua yang datang dari hasil pembakaran bahan bakar fosil, semua akan melepaskan gas rumah kaca ke atmosfir.
Cara mengurangi GRK

Sebenarnya sangat gampang untuk kita mencegah atau mengurangi Global Warming, yaitu dimulai dengan kata “HEMAT”. Hemat apa saja yang perlu kita lakukan, check this out:

Pasti para ibu-ibu paling senang jika mendengar kata HEMAT hehe.. Karena yang namanya HEMAT identik dengan uang. Eitssss tapi ternyata dengan HEMAT kita juga bisa membantu untuk mencegah Global Warming loh.. Contoh:

  1. Listrik : Matikan lampu, tv, komputer jika sudah tidak digunakan. Selain mencegah Global Warming juga bisa menghemat pembayaran listrik hehe
  2. Bahan Bakar : Naik kendaraan umum atau mengendarai sepeda lebih sehat lagi jalan kaki . Selain mencegah Global Warming juga bisa menghemat ongkos hehe
  3. Recycle Reuse Reduce (Daur Ulang ==> Menggunakan Kembali ==> Mengurangi Penggunaan)

Tidak ada yang menyalahkan jika menggunakan lampu, AC, naik mobil pribadi, motor pribadi itu salah yang perlu kita lakukan adalah lebih cermat dalam menggunakan semua itu.

Save our Earth..

No comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

 

Total Pageviews