Pages

November 11, 2012

Musik Rohani Vs Musik Dunia

Hi.. Guys, malam ini saya mau membahas mengenai Musik Rohani dan Music Dunia.. 

Di dunia ini terbagi 2 jenis music yaitu Musik Rohani dan Music Dunia. Ayo jujur kalian lebih sedang mendengarkan jenis musik yang mana? Yups pasti rata-rata bilang lebih banyak yang mendengarkan jenis Musik Dunia dari pada Musik Rohani di setiap harinya. Jika ditanya alasannya pasti banyak yang memberikan berbagai alasan entah itu Musik Rohani jarang yang jual, tidak keren kalo didengerin, membosankan, membuat ngantuk dan ada juga yang bilang musik dunia sangat menggambarkan suasana hati atau sangat mengena di hati apalagi kalo temanya sama dengan yang sedang mereka rasakan. Contoh: lagi jatuh cinta sukanya dengerin lagu-lagu Yovie and The Nuno, Kahitna, dll.. Kalo yang lagi patah hati rasanya tepat banget untuk dengarin lagu Kerispatih yang kebanyakan temanya melow-melow hehe..

But.... My question is 

"apakah kalian pernah berpikir tentang yang kalian dengaran akan berpengaruh dengan kehidupan kalian?"

Yuks disimak tentang pengertian Musik Dunia, bukan dengan tujuan memberikan judge jenis musik yang benar atau salah, tapi alangkah baiknya kita lebih bisa memilih yang mana yang harus didengarkan dan mana yang tidak harus didengarkan...

karena ada pepatah yang bilang "Perasaan tidak akan timbul tanpa pengelihatan, Pendengaran dan Ucapan"


*****

Music Dunia

Tuhan menciptakan 3 malaikat utama di dalam surga, yaitu: Mikhael, Gabriel dan Lusifer. Mereka memiliki tugas yang mereka emban, kali ini aku hanya akan membahas Lusifer. Lusifer disebut juga sebagai Si Bintang Fajar atau Pembawa terang yang dipercaya Tuhan sebagai pemimpin ia memimpin para malaikat pemuji yang berada di sekitar takhta Allah, namun kemudian ingin menjadi seperti Allah, lalu dibuang dari surga ke bumi.

Lucifer digambarkan oleh Elohim kepada nabi Yehezkiel dan Yesaya dalam bentuk penguasa kerajaan dunia yakni Kerajaan Tirus dan Babilonia. Ayat-ayat dari Alkitab

“Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan mengenai raja Tirus dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman Elohim YAHWEH: Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah. (Yeh 28:12)

Lusifer bersama para malaikat pengikutnya selalu berusaha mendakwa dan menggoda anak-anak Tuhan. 1/3 dari jumlah malaikat di surga jatuh ke dalam dosa serta mengikut bersama Lusifer dan merekalah yang di sebut sebagai IBLIS. Iblis disebut dengan sebutan-sebutan, Bintang Timur Putra Fajar (Yesaya 14:12), Roh Jahat, Pendusta dan Bapa segala dusta, Pembunuh manusia sejak semula (Yoh 8:44), seperti Singa yg mengaum-aum (1 Petrus 5:8), Penguasa Kerajaan Angkasa (Efesus 2:2), dan penguasa dunia (Yoh14:30). Paulus memberitahu kita bahwa Iblis dapat menyamar sebagai “malaikat terang” (2 Kor 11:14). Firman Tuhan memberitahu kita bahwa Iblis adalah roh yang sangat kuat, yang sangat jahat yang hidup untuk membunuh dan menipu umat manusia. 

Lalu apa hubungan Lusifer dengan Musik Dunia ??? Sebagaimana kita ketahui Lusifer adalah malaikat pemimpin Pujian yang sangat luar biasa Tuhan pakai untuk menyembah diri-Nya, tapi setelah terjadi peperangan anatar Lusifer dan para malaikat pendukung Lusifer yang berjumlah 1/3 dari jumlah malaikat di surga dengan Tuhan dan malaikat Tuhan. Maka Lusifer pun dijatuhkan ke bumi dan dia berusaha menjatuhakan anak-anak Tuhan dengan cara yang sangat kreatif dan sesuai dengan kemampuan dia yaitu melalui Nyanyian. Mungkin sebagian besar kita tak akan menyadari begitu banyak musik yang sangat tidak baik untuk didengar.

Kaki mereka adalah lurus dan telapak kaki mereka seperti kuku anak lembu; kaki-kaki ini mengkilap seperti tembaga yang baru digosok. …Muka mereka kelihatan begini: Keempatnya mempunyai muka manusia di depan, muka singa di sebelah kanan, muka lembu di sebelah kiri, dan muka rajawali di belakang. (Yeh 1:7-10)


Musik termasuk satu dari beberapa hal penting dalam kehidupan manusia. Dengan musik kita bisa gembira dan merasa damai sejahtera, sisi berlawanannya ialah itu dapat membuat kita sedih dan agresif. Dengan musik juga manusia menyembah dan memuji Penciptanya, tetapi dengan musik juga manusia merendahkan dan menghina Penciptanya.

Tuhan merindukan umat-Nya memuji Dia disertai musik dan tarian (Maz 150), tetapi Iblis dipihak yang berlawanan haus dan lapar akan pujian dan hormat dari manusia, itu nampak sewaktu ia mencobai Yahshua di padang gurun (Luk 4:5-8). Musik, setelah manusia jatuh kedalam dosa, menjadi alat perang di dalam dunia rohani (contoh: Maz 18 & 149).

Secara rohani, musik dapat dibagi menjadi dua bagian; musik Kristen dan duniawi. Musik Kristen adalah musik yang kita mazmurkan untuk Pencipta dan Juruselamat kita, jenis musik terkadang dipanggil sebagai music rohani (suatu panggilan yang rancu, sebab ada juga musik rohani lainnya yang diperdengarkan untuk memanggil dan memuliakan Lucifer dan roh-roh jahat lainnya). Jenis musik yang terakhir ini sederhanannya disebut music duniawi. Musik duniawi selain untuk kemulian Lucifer dan juga untuk kepuasan daging manusia itu sendiri.

Macam-macam musik dunia, antara lain (Sumber: Suplemen Coll):

Musik Rock
Mr. Alaister Crowley (1875) adalah bapak dari Musik Rock & Gereja Setan. Misi Crowley di dalam ajarannya adalah menghancurkan Yesus Kristus & orang Kristen. Oleh sebab itu, musik ini sering berhubungan dengan pemberontakan, kekerasan, amoralitas, obat bius, kebebasan dan spiritisme. Syair-syairya beriskan kegelisahan, kegisaran, ketidakpuasan dan penghujatkan kepada Allah.

Heavy Metal
 (Festival Ozzie Osborne, 2002)
Dirintis oleh Ozzie Osborne dengan mendirikan band “Black Sabath” dengan pertunjukan yang selalu disertai oleh mabuk obat bius.

Musik Disco
Musik disko mengutamajan beat/ tempo yang menonjol sehingga seringkali kita tidak dapat mendengar lirik maupun melodi dari lagu tersebut

Musik break dance

Musik Pop

House Music

Musik Alternatif

Musik Television (MTV)

*****

Music Rohani

Well, aku yakin kalian sudah tau apa itu Musik Rohani karena tidak begitu susah membedakan mana yang Musik Rohani atau bukan. Jujur saja memang  Musik Rohani sangat membuat kita ngantuk dan membosankan atau membuat kita merasa kita tidak membutuhkan jenis lagu ini, but believe it or not perasaan yang membuat kita seperti itu ketika kita mendengarkan lagu rohani karena ada iblis yang sedang kebakaran jengot dan membujuk kita untuk menghentikan memutar lagu itu karena mereka kepanasan dan tidak tahan jika memilii damai sejahtera dan dekat dengan Tuhan. 

Iblis lebih senang membuat kita meratapi nasib kita, lebih senang membuat kita membayangkan rasa sakit hati kita, lebh bahagia saat kita meratapi nasib dan menyumpahi orang lain dan dia akan sangat bahagia ketika semua hal itu membuat kita menjauh dari Tuhan dan ketika ita lebih senang curhat ma lagu dibanding curhat dengan Tuhan.

So, pilihlah lagu-lagu yang memang baik untuk di dengrkan dan membuat kalian bersemangat, berbahagia dan memiliki sukacita penuh dalam Tuhan.

*****
Jika Anda seorang Kristen, dan telah kehilangan kasih pertama Anda kepada Juru Selamat hidup Anda, maka saatnya Anda datang kepada Roh Kudus untuk meminta nasehat-Nya, mungkin ada musik-musik tertentu yang Anda harus buang dari kehidupan Anda.

Jadilah dampak dalam kehidupanmu, walaupun Dunia akan menolakmu ketika engkau berkata tidak untuk hal-hal yang Dunia sukai. Tapi ingatlah engkau memiliki Bapa di Surga yang selalu menerima kita

4 comments:

  1. Mengapa kami selalu ingin mengujungi blog ini, karena banyak artikel yang menarik seperti ini? salam sukses

    ReplyDelete
  2. Yap benar sekali, saya sangat setuju. Lagu rohani membuat jiwa tenang, terlalu sering mendengarkan ttg lagu duniawi pasti sering gala, saya sudah mencobanya.Gbu.

    ReplyDelete
  3. Shalom. Terimakasih untuk renungan yang luar biasa ini. Saya membutuhkan file asli untuk renungan ini guna saya share kan di Ibadah Youth Gereja kami. Mohon kiranya bisa dikirimkan ke arinda_cecilia@yahoo.com ..
    Terimakasih dan Tuhan Memberkati.

    ReplyDelete
  4. Shalom... pernah kepikiran tidak tentang Lagu Kebangsaan di seluruh dunia, apapun latar belakang negaranya hampir seluruh negara mengambil bentuk Hymnal.

    Malaysia yang kental dengan irama melayu, Lagu kebangsaannya Hymnal.

    Negara-negara Afrika yang kental dengan musik rhytmnya, mereka juga memilih bentuk Hymnal buat lagu kebangsaan mereka.

    Lagu bentuk Hymnal berasal dari lagu - lagu jaman gereja terdahulu, lagu-lagu yang dipersembahkan untuk Yehovah.

    Hampir semua negara memilih bentuk Hymnal bagi lagu kebangsaannya untuk menunjukkan penghormatan, bagaimana dengan kita umat Yehovah?

    Masih memuji Yehovah dengan lagu bergenre jazz, pop, rock, alternative?

    Masih enggan memilih lagu bagi Yehovah dengan bentuk Hymnal?

    Berikan yang pantas bagi Yehovah.

    ReplyDelete

 

Total Pageviews