Pages

July 23, 2013

Menjadi Berkat Bagi Orang Lain


Malam ini ada beberapa hal yang ingin saya bagikan tentang menjadi berkat bagi orang lain dan sama-sama belajar yach karena kalo bicara menjadi berkat bagi orang lain rasanya memang susah. 

Jika ditanya enakan menerima atau memberi ? Pasti kebanyakan dari kita akan bilang lebih enak menerima. Benar ga ? Tapi ternyata Tuhan bilang sebaliknya  

Kisah Para Rasul 20:35b “Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima”.


Saya percaya Tuhan sudah menyiapkan berkat bagi masing-masing orang baik itu berkat keuangan, talenta maupun ilmu yang kalian miliki, dsb. Namun banyak dari kita yang lupa bahwa berkat yang Tuhan berikan juga ada bagian berkat orang lain yang Dia titipkan melalui kita. Lalu kenapa Tuhan memberikan berkat kalo itu bukan buat kita semua ?

Jawabannya adalah Tuhan memberikan berkat dengan tujuan pengunaan, sbb :

1.  Berkat untuk memenuhi kebutuhan kehidupan kita.
2. Berkat Tuhan untuk ditaburkan kembali, sehingga menjadi berkat bagi orang lain

“Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik” (Timotius 3:16-17)

Nah sudah tahukan sekarang tujuan Tuhan memberikan berkat, yaitu selain untuk memberkati kita juga ada bagian untuk kita memberkati orang lain serta seperti ayat yang diatas ternyata memang Tuhan memperlengkapi kita untuk berbuat baik.. Melalui apa ? Melalui berkat yang Tuhan sudah berikan kepada kita. Tuhan baik koe dan percaya deh ketika kita memberi kepada orang lain pasti Tuhan akan memberkati kita lebih lagi.. 

Eitts hal ini tidak berbicaraan tentang uang saja yach bisa juga berbicara tentang ilmu, talenta, tenaga, waktu dan sebagainya.

Karena apa ?

Karena waktu, tenaga dan harta serta segala sumber daya yang Tuhan memang percayakan kepada kita, tidak semata-mata untuk dinikmati sendiri bakhan perubahan hidup yang kita alami dalam Tuhan itupun harus menjadi berkat bagi orang lain, seperti perjumpaan pribadi kita dengan Tuhan, lalu bisa juga pertobatan kita. Banyak orang yang malu untuk menyaksikan kisah hidupnya yang kelam tapi ketika kita sudah menerima Tuhan kita tidak boleh malu dengan masa lalu kita, justru kita bersyukur dengan begitu kita bisa menyaksikan kasih Tuhan yang begitu nyata sehingga kita bisa mengalami pertobatan dan perubahan yang luar biasa. Hal yang perlu kita ingat adalah “Kesaksianmu adalah kunci perang mengalahkan Iblis yang sedang mengikat orang lain”

Lalu apa gunanya menjadi berkat ?

Tentu saja sangat berguna karena akan menjadi dampak bagi orang lain, sbb :

1. Nama Tuhan dimuliakan, dengan mereka melihat kebaikan anak-anak-Nya
2. Saling menguatkan antara kita
3. Anugrah semakin melimpah dalam hidup kita
4. Menghasilkan tuaian dalam arti ketika kita memberkati maka orang yang kita berkati boleh memberkati orang lain.

Hal penting yang harus kita pegang adalah ketika kita menjadi berkat bagi orang lain kita tidak boleh sombong dan jangan mengharapkan balasan alias rendah hati dan tulus. Kenapa ? Tuhan tahu loh isi hati kita hehe..

Jadi tunggu apa lagi, mari dari sekarang kita buat planning untuk memberkati orang-orang disekitar kita dengan berbagai cara yang kita bisa. Jika kita tidak punya uang, kita bisa gunakan waktu, tenaga, talenta atau mungkin serta ilmu yang kita punya sehingga mereka bisa lebih terberkati dan berkembang

Sekali lagi.. Semangat untuk menjadi berkat bagi orang lain.. ^^ cu on the next article.

Referensi : dari pembelajaran alkitab

No comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

 

Total Pageviews