Pages

March 23, 2014

Selamat anda dalam zona MASALAH

Senin malam kemarin, saya mengikuti kelas alkitab yang diadakan oleh gereja saya.. Tema malam itu mengenai “Konseling”.. Dari banyak hal yang saya dapatkan mengenai konseling yang paling membuat hati saya terenyuh adalah kesaksian yang pendeta sampaikan pada saat dia melakukan konseling dengan seseorang.  

Ceritanya pendeta tersebut dan orang yang akan dikonseling pergi makan, sepanjang makan dia bercerita mengenai masalahnya, makannya benar-benar lahap dan tidak terlihat bahwa beban yang dia miliki itu sangat berat. Dari sekian banyak orang yang pendeta tersebut konselingin, masalah orang ini sangat berat banget bahkan pendeta sampai binggung cara untuk menghibur orang ini gimana, masukan apa yang harus diberikan, cara memotivasi dia gimana karena secara pribadi jika pendeta tersebut diposisikan dengan masalah tersebut dia merasa tidak akan sanggup. 


Pendeta terus bertanya sama Roh Kudus, apa yang harus dia bicarakan kepada orang tersebut. Pada akhir cerita orang tersebut bilang “Bagaimana menurut bapak ?”.. Roh Kudus cuma bilang ke pendeta itu “Kasih selamat saja”.. Secara manusia pendeta binggung kenapa Roh Kudus bilang selamat, memangnya baru menang undian, dapat harta warisan.. Ini orang masalahnya berat banget, kenapa musti ucapan selamat yang diberikan ?

Pendeta pun nurut aja, apa kata Roh Kudus.. Pendeta bilang “Selamat yach…”.. Orang itu binggung dan terheran “Koe selamat pak ?”. Seketika itu juga pendeta itu bilang “Selamat karena Tuhan percaya banget kamu pasti bisa menghadapi setiap masalah yang sedang kamu hadapi..”.. Orang tersebut langsung merespon “Jadi menurut bapak seperti itu yach, saya sanggup yach.. Tuhan percaya sama saya yach.. Wah pak saya semakin kuat dan semangat. Terima kasih”.

Dari cerita diatas saya mendapatkan beberapa point yang ingin saya bagikan, sbb:

1. Jangan pernah membandingan permasalahan kita dengan orang lain karena porsi masalah setiap orang berbeda-beda.
2. Masalah yang kita miliki belum tentu bisa dihadapi orang lain dan begitru pula sebaliknya.
3.  Tuhan tidak pernah memberikan masalah melebihi kemampuan kita.
4. Tuhan memberikan masalah karena memiliki rencana dibalik semua itu, salah satunya memproses kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Hal-hal yang harus kita lakukan ketika sedang menghadapi permaslahan, sbb:

 1.Berdoa untuk Tuhan kasih kekuatan dalam menghadapi masalah tersebut.
 2.Mengucap syukur dan bersukacitalah karena kita masih dikasih kesempatan untuk diproses menjadi lebih indah dibanding sebelumnya.
 3. Bertindak sesuai dengan tuntunan Tuhan.

Jika saya flash back setiap proses dari kecil saya sampai saat ini, saya benar-benar merasa terheran-heran “Koe bisa yach ? Saya menghadapi masalah yang lalu-lalu, padahal itu berat loh sebagai ukuran anak seumur itu dan bisa saja saya keluar jalurnya Tuhan..”.. Saya yakin banget semua karena Tuhan yang memimpin dan berjalan disamping saya sehingga saya sanggup menghadapi semua hal itu dan ketika saya mulai keluar dari jalurnya Tuhan, dia meluruskan kembali jalan saya dengan cara memproses saya kembali.. Jikalaupun sekarang ada masalah yang berat banget, pasti karena Tuhan masih mau memproses saya dan menjadikan saya lebih indah dibandingkan sebelumnya.


So “Selamat yach bagi kalian yang masih memiliki masalah, Tuhan sedang memproses kita untuk menjadi yang lebih baik.. Semangat !!!”

Lagu hari ini:  Sammy Simorangkir-Permata Hatiku

No comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

 

Total Pageviews