Pages

August 31, 2013

Menjadi Berkat Bagi Orang Lain



Selamat akhir bulan Agustus 2013, mohon maaf baru update di blog ini lagi. Kita langsung saja ke topik pertama yang ingin saya bahas dengan kalian di akhir bulan ini. Hari ini saya mendapatkan share firman dari salah satu gembala gereja daerah Bogor tentang kehidupan yang menjadi berkat dan hal ini semakin merubah pola pikir saya mengenai memberkati orang lain tidak berbicara mengenai uang saja karena memang kata berkat identik dengan uang. 

Bangkitlah menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemudian kemulian Tuhan terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa, tetapi terang Tuhan terbit atasmu dan kemuliaanNya menjadi nyata atasmu” Yesaya 60:1-2

Sudah sangat jelas Tuhan sudah memberkati kehidupan kita dengan membayar kita lunas dan menganugrahi kita dengan berkat keselamatan, what can I do for Him after He save my life ? Diatas sudah terjawab, yaitu Tuhan ingin kita bangkit menjadi terang alias menjadi berkat ditengah kegelapan yang menutupi bumi alias kejahatan yang menutupi bumi karena memang tidak dipungkiri kita hidup di dunia yang pernuh dengan keegoisan, kesombongan, kenajisan dan banyak dosa lainnya.


Lalu bagaimana untuk menjadi berkat ? Apa semua orang bias menjadi berkat termasuk anak kecil yang masih belum bisa apa-apa dan memiliki apa-apa?

Tentu saja, semua orang bisa menjadi berkat bagi orang lain termasuk anak kecil yang kita bilang masih belum bisa apa-apa dan belum memiliki apa-apa karena seperti yang saya share diatas memberkati tidak hanya berbicara tentang kemampuan kita secara financial atau fisik. Menjadi berkat itu bisa dibilang gampang-gampang susah tapi akan gampang jika ada kemauan dan banyak cara untuk memberkati orang lain bahkan gratis dan tidak repot-repot banget.

Gratis ??? Koe bisa..

Tentu bisa dibawah ini saya akan bahas 3 hal gratis yang bisa membuat kita menjadi berkat bagi orang lain, sbb:

1.      Mendoakan

Mendoakan orang lain dalam setiap doa-doa kita saja itu sudah menjadi berkat bagi mereka, namun masih banyak orang yang menganggap sepele tentang doa bahkan ada yang sampai bilang “Jika mau menolong orang jangan doa saja, tapi kasih sesuatu sama mereka”. Eitts lalu bagaimana bagi mereka yang tidak memiliki uang, untuk mereka saja pas-pasan sedangkan mereka ingin menjadi berkat ? Lagipula percaya atau tidak seperti kitab Yakobus bilang Doa orang benar besar kuasanya, jadi jangan remehkan setiap doa-doa yang kita naikan untuk orang lain. Biar Tuha yang mengatur semuaNya, still praying for many people around u and out there.

2.  Ucapan

Siapa yang setuju lidah tidak bertulang ? Haha.. Ternyata sie bagian mulut yang tidak memiliki tulang ini memiliki dampak yang besar banget loh bagi kita, karena melalui perkataan yang lidah kita ucapkan bisa menjadi berkat maupun menjadi peremuk hati. 

“Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, dimana perlu , supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia” Efesus 4:29

Ayo siapa yang masih sering berkata-kata yang sangat kasar, kasar maupun sedikit kasar ? Saya akui saya masih suka kelepasan teriak-teriak jika berbicara, alaupun maksud saya bukan untuk marah-marah, so I need to fix it karena bagaimanapun juga saya juga ingin menjadi berkat melalui perkataan saya dan cara saya menyampaikan ucapan sehingga tidak aka nada yang tersakiti.

Setiap orang senang akan pujian dan semua orang sudah pasti benci dengan kata-kata hinaan, kutukan, memojokan dan sejenisnya. Alangkah baiknya jika kita mempergunakan lidah kita untuk mengucapkan kata-kata berkat, motivasi alias kata-kata yang membangun orang lain dibandingkan mempergunakan sie tanpa tulang untuk menyakiti orang lain. Yuks kita lebih pilih-pilih dalam berkata-kata supaya tetap menjadi berkat bagi orang yang ada disekitar kita.

3.  Perbuatan Baik

Perbuatan baik bisa dalam bentuk apa saja, contoh kecilnya adalah kita membntu orang tua membereskan rumah, membantu orang lain yang motornya mogok dijalan, mendengarkan teman kita share dan berbagi suka dengan mereka, dll. Simple tapi sangat sangat memberkati orang lain.

Bagaimana gampangkan menjadi berkat bagi orang lain ? Yuks kita mulai dengan 3 hal sederhana diatas, sehingga kehidupan kita di dunia ini ga datar-datar saja dan tentu saja hal ini bisa menjadi dampak yang positif bagi mereka semua. Believed it or not dampak positif itu menular, jadi tularkan dampak positif melalui doa-doa kita, ucapan kita serta perbuatan baik kita.

See u on next article.

No comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

 

Total Pageviews