Pages

June 11, 2014

Mengapa harus ke gereja ? Ibrani 10:25


Katedral Jakarta

Ibrani 10:25
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Pertemuan ibadah itu tidak hanya kebaktian di hari Minggu. Persekutuan remaja atau doa malam itu juga termasuk ibadah. Apapun yang dikatakan pertemuan, perkumpulan yang di dalamnya ada doa, persekutuan saudara seiman, ada pembahasan Firman Tuhan, ada pujian dan penyembahan yang dinaikan kepada Tuhan itu termasuk ibadah. Lalu seberapa penting-kah pertemuan-pertemuan ibadah termasuk ke gereja ? Dari ayat diatas kita bisa mengambil point :


Dengan jelas disebutkan diayat atas “Saling menasihati dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang dekat”, kita tidak bisa pungkiri semakin hari semakin berat yang harus kita hadapi dari cobaan yang mungkin ada di rumah tangga, pekerjaan, sekolah maupun hubungan social dengan orang lain..  Hal tersebut cepat atau lambat bisa membuat roh kita lelah. Kita berhadapan dengan berbagai situasi yang bisa membuat daya tahan kita melemah. Kita tidak bisa hidup sendiri. Kita butuh orang lain untuk mengingatkan kita, kita butuh saudara-saudari seiman untuk bertumbuh bersama-sama dan saling support. Kita butuh tempat untuk iman kita agar bertumbuh, dan kita akan kehilangan kesempatan untuk itu apabila kita menghindari beribadah di gereja. Jadi melalui pertemuan ibdah/gereja kita bisa saling membangun iman antar anak-anak Tuhan dan menguatkan.

Ulangan 12:5
Tetapi tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu , dari segala sukumu sebagai kediaman-Nya  untuk menegakkan nama-Nya di sana, tempat itulah harus kamu cari dan ke sanalah harus kamu pergi.


Gereja adalah tempat kudus-Nya tuhan, tempat dimana kita bisa memuji, menyembah nama-Nya.. Di ayat tersebut Tuhan sendiri yang memerintahkan untuk kita harus pergi ketempat dimana nama-Nya ditegakkan, yaitu gereja. Dan apabila Tuhan yang sudah memberikan perintah tidak ada satupun alasan untuk bisa melanggarnya.

Namun ada banyak orang yang berusaha mencari pembenaran sebagai alasan untuk tidak menghadiri ibadah di gereja. Contoh ada yang kecewa melihat sikap hamba-hamba Tuhan disana, ada pula yang hanya karena merasa malas, lebih tertarik untuk beristirahat penuh di hari minggu setelah bekerja habis-habisan selama 6 hari penuh. Kalaupun pergi itu karena terpaksa, dan datangnya pun terlambat. Mereka menunjukkan sikap yang seolah menanggap ibadah di gereja bukanlah sesuatu yang penting sehingga bisa diremehkan saja. Lalu ucapan yang sering dilontarkan mereka “Yang penting hidup benar, toh itu yang diperintahkan Tuhan pasti kita selamat masuk surga.” Ada juga “Buat apa ke gereja, toh kita ga dapat apa-apa disana justru malah tambah banyak masalah..” bahkan ada yang menjadikan kesibukan mereka untuk menjauhi kegiatan ibadah.. Apa kalian sadar kenapa tempat terbaik ketika hati sedang tidak tenang, banyak masalah, kesepian ? Jawabannya adalah tempat dimana kekudusan Tuhan berada yaitu gereja.. Ini yang pernah Hizkia alami, ketika Yerusalem terkepung musuh, Hizkia mengoyakkan pakaiannya dan masuk ke dalam rumah Tuhan (Yesaya 37:1). Jadi gereja merupakan tempat perlindungan di tengah persoalan. Koe bisa gitu ? tentu, ketika Anda sedang memuji dan menyembah Tuhan, maka kuasa Allah akan turun dan menaungi hidup anda dan orang yang sudah dilingkupi kuasa Tuhan akan memiliki kekuatan yang baru untuk menghadapi setiap persoalan.

Jadi jangan pernah buat alasan bahwa di dalam kegiatan ibadah pun orang kerap berbuat dosa. Itu betul! Dalam sebuah pertemuan ibadah bukan seratus persen orang melakukannya dengan niat yang benar dan hidup serba kudus. Tetapi, sekali lagi ditegaskan, bahwa itu bukan alasan bagi kita untuk menghindari kegiatan ibadah.

Jika untuk pergi kerja kita selalu mati-matian untuk tidak terlambat, dan kita bisa melakukannya. Kita takut melanggar peraturan dan kedisplinan kerja agar tidak dipecat atau setidaknya takut ditegur pimpinan. Bersekolah pun sama saja. Apa kita berani datang terlambat setiap hari? Bukankah kita selalu berusaha untuk mentaati peraturan dan disiplin sekolah, termasuk di dalamnya peraturan mengenai kehadiran dan jam kedatangan? Jika kita bisa menuruti itu, mengapa beribadah yang sesungguhnya jauh lebih penting bisa kita abaikan begitu saja, apalagi itu perintah dari Tuhan yang telah mengorbankan diri-Nya sendiri diatas kayu salib ? Dan satu lagi bukankah ke gereja itu salah satu kunci untuk masuk ke dalam surga ?

Ayo jangan korbankan hal sepenting itu untuk alasan-alasan tidak jelas.. GBU

No comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

 

Total Pageviews