BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan
serangkaian proses unntuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai
kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang
menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingan. Tujuan dari pemsasran
sendiri adalah mengetahui dan memaham pelanggan dengan baik sehingga produk dan
jasa bisa sesuai dengan kebutuhannya sehingga terjual sendiri.
Pemasaran yang baik menginginkan pemahaman yang
membantu mereka menerjemahkan kinerja masa lalu dan juga merencanakan kegiatan
masa depan. Mereka memerlukan informasi yang tepat waktu, akurat dan dapat
ditindaklanjuti tentang konsumen, persaingan dan merek mereka. Mereka juga
harus sebaik mungkin membuat keputusan taktis dalam jangka pendek dan keputusan
strategis dalam jangka panjang. Usaha untuk menemukan pandangan konsumen dan
memahami implikasi pemasarannya sering menghasilkan peluncuran produk yang
berhasil atau mendorong pertumbuhan suatu merek.
Sehingga sangatlah penting untuk setiap perusahaan melakukan
riset pemasaran dan meramalkan jumlah permintaan. Dalam makalah ini kami akan
membahas bagaiman langkah-langkah dalam melakukan riset pemasaran dan bagaimana
cara meramalkan permintaan itu sendiri.