BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Selama dua dekade terakhir perusahaan
dihadapkan pada keharusan untuk berhadapan dengan sejumlah ketentuan baru.
Perusahaan dituntut cepat tanggap terhadap persaingan dan perubahan pasar.
Upaya menjadi terunggul dalam industri melalui peningkatan kompetensi menjadi
keniscayaan yang tak dapat dielakkan bila masih ingin tetap eksis. Manajer
dituntut untuk dapat memilih dan memilah berbagai konsepsi strategi yang
ditawarkan. Suatu konsepsi yang setelah diimplementasikan memberi hasil optimal
pada suatu masa, harus dikaji ulang ketika konteks persaingan berubah.
Regulasi cenderung menghilangkan hambatan
persaingan, dan semakin banyak perusahaan yang berusaha keras menjadi ramping
dan lebih cekatan. Hasilnya, pasar global tak terelakkan dan kompetisi pada
setiap lini industri sangat kuat (hypercompetition). Pertanyaannya, mengapa
demikian banyak perusahaan gagal memiliki strategi? Mengapa manajer menghindar
dari membuat pilihan strategi? Atau, meski sudah berhasil membangun strategi,
tetapi mengapa seringkali membiarkannya menjadi kabur dan kehilangan daya
manfaat.
Selain ancaman dari luar yang disebabkan perubahan teknologi, preferensi pasar dan perilaku persaingan, ancaman terbesar justru berasal dari lingkungan internal perusahaan. Akar persoalan, terletak pada kegagalan manajer membedakan antara strategi dan efektivitas operasional. Upaya menghasilkan produktivitas, kualitas, dan daya tanggap telah menelorkan perangkat dan teknik manajemen yang terkenal seperti: TQM, benchmarking, time-based competition, outsourcing, partnering, reengineering, change management, dan lain sebagainya. Namun demikian, meskipun semuanya itu berdampak pada peningkatan kinerja secara dramatis, banyak perusahaan yang tidak mampu mengubah kinerja unggul tadi menjadi kemampuan menghasilkan laba yang menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Lambat laun manajer terjebak pada mengutak – atik teknik manajemen saja, sementara mereka justru tidak memperhatikan strategi. Teknik – teknik manajemen diperlukan untuk memperbaiki efektivitas operasional, tetapi hal ini tidak mencukupi, masih diperlukan strategi guna meraih keunggulan dalam jangka panjang.
Selain ancaman dari luar yang disebabkan perubahan teknologi, preferensi pasar dan perilaku persaingan, ancaman terbesar justru berasal dari lingkungan internal perusahaan. Akar persoalan, terletak pada kegagalan manajer membedakan antara strategi dan efektivitas operasional. Upaya menghasilkan produktivitas, kualitas, dan daya tanggap telah menelorkan perangkat dan teknik manajemen yang terkenal seperti: TQM, benchmarking, time-based competition, outsourcing, partnering, reengineering, change management, dan lain sebagainya. Namun demikian, meskipun semuanya itu berdampak pada peningkatan kinerja secara dramatis, banyak perusahaan yang tidak mampu mengubah kinerja unggul tadi menjadi kemampuan menghasilkan laba yang menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Lambat laun manajer terjebak pada mengutak – atik teknik manajemen saja, sementara mereka justru tidak memperhatikan strategi. Teknik – teknik manajemen diperlukan untuk memperbaiki efektivitas operasional, tetapi hal ini tidak mencukupi, masih diperlukan strategi guna meraih keunggulan dalam jangka panjang.
Memilih atau membangun strategi yang tepat
bagi perusahaan pada suatu periode waktu menjadi kata kunci yang harus
dilakukan oleh manajer. Beberapa pertanyaan dapat digunakan untuk membantu
manajer dalam memilih konsepsi strategi: Diantara berbagai produk dan jasa yang
ditawarkan, mana yang paling khusus (distinctive), mana yang memberikan
keuntungan paling tinggi; siapa di antara pelanggan yang paling puas; pelanggan
atau distributor atau event mana yang memberikan keuntungan tertinggi; dan
aktivitas apa di dalam rantai nilai (value chain) perusahaan yang paling
berbeda dan paling efektif. Selain pertanyaan panduan tersebut di atas, masih
ada hal lain yang perlu menjadi pertimbangan. Pilihan strategi pertumbuhan
cenderung mendorong manajer menjadi kompromis dan inkonsisten. Jika ini
berlangsung terus, keunggulan yang dimiliki dapat terkikis, timbul kebingungan
di tingkat pelaksana dan memperlemah motivasi organisasi. Dalam kondisi seperti
ini, kepemimpinan menjadi kebutuhan yang tak terelakkan. Di antara tarik
menarik berbagai kepentingan untuk memilih strategi yang tepat, diperlukan
kerangka pemikiran yang dapat memberikan arahan bagi pembangunan strategi
perusahaan
Memasuki era globalisasi sangat penting bagi perusahaan-perusahaan
memiliki manajemen strategi internasional, karena area pasar tidak hanya
domestik saja yang perlu dikuasai. Sebab itu, dalam makalah ini penulis akan
membahas mengenai Manajemen Strategi Internasional, yang diharapkan kita
semakin mengerti apa yang harus kita lakukan dalam era globalisasi ini.
1.2
Rumusan
Masalah
a. Memahami
strategi internasional
b. Mengapa
perusahaan harus memiliki strategi internasional dan berinvestasi didalamnya
c. Memahami
pentingnya memiliki strategi internasional dalam pasar bebas
d. Langkah-langkah
dalam melakukan pasar bebas
e. Keunggulan
dan Resiko perdagangan internasional
f. Variasi
strategi internasional
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Manajemen
Strategis dan Strategi Internasional
Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan
pengevaluasian keputusan-keputusan, manajemen strategis berfokus pada proses
penetapan tujuan organisasi,
pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai
sasaran, serta mengalokasikan sumber
daya untuk menerapkan
kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis
mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu
bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. Ada tiga tahapan dalam manajemen
strategis, yaitu perumusan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi
strategi.[1]
Manajemen strategis merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang
biasanya disusun oleh dewan
direksi dan dilaksanakan oleh CEO serta tim eksekutif organisasi
tersebut. Manajemen strategis memberikan arahan menyeluruh untuk perusahaan dan
terkait erat dengan bidang perilaku organisasi.
Manajemen strategis berbicara tentang gambaran besar. Inti dari
manajemen strategis adalah mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber dayanya,
dan bagaimana sumber daya yang ada tersebut dapat digunakan secara paling
efektif untuk memenuhi tujuan strategis. Manajemen strategis di saat ini harus
memberikan fondasi dasar atau pedoman untuk pengambilan keputusan dalam
organisasi. Ini adalah proses yang berkesinambungan dan terus-menerus. Rencana
strategis organisasi merupakan dokumen hidup yang selalu dikunjungi dan kembali
dikunjungi. Bahkan mungkin sampai perlu dianggap sebagaimana suatu cairan karena
sifatnya yang terus harus dimodifikasi. Seiring dengan adanya informasi baru
telah tersedia, dia harus digunakan untuk membuat penyesuaian dan revisi.
Manajemen strategis secara umum didefinisikan sebagai suatu proses
yang berorientasi masa depan yang memungkinkan organisasi untuk membuat
keputusan hari ini untuk memposisikan diri untuk kesuksesan pada masa
mendatang. Pandangan yang lebih tradisional dari manajemen strategis
menggunakan pendekatan linear dimana pertama dilakukan pemantauan terhadap lingkungan
organisasi (baik internal dan eksternal), strategi dirumuskan, strategi yang
diimplementasikan dan lantas kemajuan organisasi terhadap strategi kemudian
dievaluasi. Kecepatan pacu saat ini dari perubahan menyatakan bahwa tahap
perumusan dan pelaksanaan harus lebih diintegrasikan lebih erat untuk
memastikan bahwa sejalan terjadinya perubahan dan timbulnya masalah di
implementasi, strategi tersebut kembali dikunjungi secara terus menerus.
Pemantauan lingkungan harus mencakup baik internal dan komponen
eksternal. Sementara sebagian besar organisasi merasa nyaman dengan pemindaian
lingkungan internal, mereka masih memiliki lebih banyak kesulitan dengan bagian
eksternal. Organisasi yang hanya melihat ke dalam masih kehilangan setengah
dari persamaan utuh untuk membuat keputusan yang lebih efektif bagi perusahaan.
Beberapa elemen yang biasa digunakan untuk memeriksa kondisi eksternal meliputi
industri sebagai suatu keseluruhan (termasuk tren yang berdampak pada
industri), dan tren sosial dalam empat bidang utama: ekonomi, teknologi, tren
politik-hukum, serta sosial-budaya.
Ada tiga tingkatan strategi dibuat dalam organisasi yang lebih
besar, yakni meliputi strategi perusahaan, bisnis, dan fungsional (atau
operasional). Sementara strategi perusahaan akan menentukan bisnis apakah yang
perusahaan akan benar-benar beroperasi di sana, strategi bisnis akan menentukan
bagaimana perusahaan akan bersaing di masing-masing bisnis yang telah dipilih.
Dan strategi tingkat operasional akan menentukan bagaimana masing-masing bidang
fungsional (seperti sumber daya manusia atau akuntansi) benar-benar akan
mendukung strategi-strategi bisnis dan korporasi. Semua strategi ini harus
berkaitan erat untuk memastikan bahwa organisasi bergerak ke arah yang menyatu.
Strategi internasional adalah menjual produk di pasara-pasay yang
berada diluar pasar domestic perusahaan. Salah
satu alasan diterapkannya strategi internasional adalah bahwa pasar
internasional menghasilkan peluang baru yangpotensial. Motif tradisional
lainnya bagi perusahaan untuk menjadi perusahaanmultinasional adalah untuk
mengamankan sumber daya yang dibutuhkan.
Empat
manfaat dari diversifikasi internasional :
a.
Menigkatkan
ukuran pasar
b.
Keuntungan
yang lebih bessar dari investasi modal besar atau investasi produk atau proses
baru.
c.
Skala
ekonomi lebih besar, ruang lingkup ekonomi lebih besar dan pembelajaran
d.
Keuntungan
kompetitif melali lokasi-lokasi, missal akses tenaga kerja yang lebih rendah,
sumber daya yang penting, atau pelanggan. Peluang-peluang untuk meningkatkan
daya saing strategis perusahaan ini dipelajari dan dibandingkan dengan
biaya-biaya yang terjadi untuk mencapainya dan tantangan manajerial yang
menyertai keputusan diversifikasi internasional.
Meningkatkan
Ukuran Pasar Perusahaan dapat meningkatkan ukuran pasar potensialnya dengan
beralih ke pasar-pasar internasional. Mengikuti strategi internasional adalah
pilihan atraktif bagi perusahaan untuk bersaing di pasar-pasar domestik yang
memilikipeluang pertumbuhan terbatas. Mayoritas perubahan dalam pangsa pasar
untuk setiap perusahaan tunggal terjadi dengan mengorbankan pangsa pasar
pesaingnya.
Ukuran
pasar internasional tertentu juga mempengaruhi kemampuan sebuah perusahaan
untuk melakukan investasi ernasional dalam riset dan pengembangan untuk
mengambil manfaat dari pasar tersebut. Pasar-pasar yang ukurannya lebih besar
biasanya menawarkan laba potensi yang lebih besar dan karena itu, pada umumnya
kurang beresiko bagi investasi perusahaan. Namun demikian, ukuran pasar dan
kekuatan pasar perusahaan tidak menjamin kesuksesan.Tingkat Pengembalian
Investasi Pasar-pasar skala besar dapat menentukan tingkat keuntungan
investasi, seperti pabrik dan peralatan modal atau investasi di bidang riset
pengembangan. Oleh karena itu, mayoritas industri yang intensif melakukan riset
memiliki bisnis internasional.
Penjualan
internasional sangat menentukan kemampuan setiap perusahaan untuk menghasilkan
tingkat keuntungan yang memuaskan dari modal yang diinvestasikannya. Selain
kebutuhan akan pasar yang besar untuk menutupi biaya yang banyak dikeluarkan
dalam riset dan pengembangan, pengembangan teknologi baru semakin meningkat.
Akibatnya, produk-produk baru menjadi cepat usang. Oleh karena itu, investasi
pun dapat ditutupi dengan lebih cepat.
Alasan
utama melakukan investasi yang perlu diingat dalam pasar-pasar internasional adalah
untuk memproduksi tingkat pengembalian investasi yang terbaik. Jadi, mengharapkan
keuntungan dari investasi mencerminkan determinan utama yang membawa perusahaan
ke pasar internasional. Skala Ekonomi dan Pembelajaran Ketika perusahaan
memperluas pasar-pasar mereka, mereka mungkinmampu menikmati skala ekonomi,
khususnya dalam operasi manufaktur.
Jadi,selama
perusahaan mampu menstandarisasi produk-produknya di seluruh Negara yang
menjadi pasar sasarannya, dan menggunakan fasilitas produksi yang serupaatau
sama, yang berarti mengkoordinasikan sumber daya penting, maka perusahaan-perusahaan
tersebut memiliki peluang untuk mencapai skala ekonomiyang optimal.
Perusahaan
juga mungkin dapat mendayagunakan kompetensi inti lintas pasar internasional.
Hal ini memungkinkan penggunaan sumber daya dan pengetahuan antara unit-unit
bisnis lintas perbatasan negara. Akibatnya akan menghasilkan sinergi dan
membantu perusahaan menghasilkan barang-barang dan jasa kualitas lebih tinggi
dengan tingkat biaya yang lebih rendah. Selain itu, juga
memberikan peluang besar belajar dari
praktik-praktik yang berbeda ketika mereka memasuki pasar internasional.
Keunggulan
Lokasi Perusahaan dapat menempatkan fasilitas di negara-negara lain untuk
merendahkan biaya dasar barang-barang dan jasa yang disediakan. Misal, akses
tenaga kerja, energi dan sumber daya alam lainnya dengan biaya lebih rendah.
Keunggulan lokasi lainnya antara lain akses ke perlengkapan yang penting dan ke
pelanggan. Jika telah memiliki lokasi yang menarik dan menguntungkan,
perusahaan-perusahaan harus mengelola fasilitas-fasilitas mereka dengan efektif
untuk mendapatkan manfaat penuh dari keunggulan lokasi tersebut.
Strategi
Tingkat-Bisnis Internasional Strategi bisnis internasional memiliki ciri-ciri
yang unik. dalam menerapkan strategi tingkat bisnis internasional, kegiatan
operasional suatu negara asal seringkali menjadi sumber keunggulan kompetitif
yang paling penting. Sumber daya dan kapabilitas yang dibangun di negara asal
secara berkala memungkinkan perusahaan menerapkan strategis tersebut di dalam
pasar-pasar yang berlokasi di negara lain. Micahel
Porter mengembangkan suatu jenis model yang menjelaskan faktor- faktor yang
turut menentukan keunggulan perusahaan dalam industri global yang dominan dan
berkaitan dengan negara atau lingkungan regional tertentu.
2.2 Karakteristik
Perdagangan Internasional
a.
Transaksi lebih dari dua negara, yang
tidak terbatas pada perusahaan multinasional, tetapi ada juga UKM yang terlibat;
Umumnya dipimpin oleh Multinational Enterprise (MNEs) ;
b.
Aktivitas inti yang diselenggarakan:
Export, Import,FDI, Franchising, Licencing, Joint Ventures ;
c.
Sistem legal di antara negara berbeda,
memaksa satunegara atau lebih untuk menyesuaikan perilakumereka dengan hukum
yang berlaku;
d.
Menggunakan mata uang
berbeda-beda ;
e.
Budaya negara-negara berbeda, memaksa
setiappihak untuk menyesuaikannya;
f.
Ketersediaan sumber-sumber yang berbeda
di tiap negara, suatu negara mungkin hanya memiliki Internasional Business
By Rusdin 15sumber daya alam yang lebih.
2.3 Alasan
Melakukan Perdagangan Internasional
Suatu Negara
ataupun suatu perusahaan melakukan transaksi bisnis internasional baik dalam
bentuk perdagangan internasional pada umunya memiliki beberapa pertimbangan
ataupun alasan. Pertimbangan tersebut meliputi beberapa alasan atau
pertimbangan. Pertimbangan tersebut
meliputi pertimbangan ekonomis, politis ataupun social budaya bahkan tidak
jarang atas dasar petimbangan militer. Bisnis internasional memang tidak dapat
dihindarkan karena sebenarnya tidak ada satu Negara pun di dunia yang
dapat mencukupi seluruh kebutuhan negerinya dari barang-barang atau produk yang
dihasilkan oleh Negara itu sendiri.
Tidak ada suatu
Negara pun yang dapat memenuhi 100% swasembada. Hal ini disebabkan karena
terjadinya penyebaran yang tidak merata dari sumber daya baik dari sumber daya
alam modal maupun sumber daya manusia. Ketidakmeratanya sumber daya tersebut
akan mengakibatkan adanya keunggulan terstentu baik suatu Negara tertentu yang
memiliki sumber daya tertentu pula. Sebagai contoh Negara Australia yang
memiliki daratan yang sangat luas yang memiliki jumlah pendusuk yang sangat
sedikit., sebaliknya Negara Hong Kong yang memiliki daratan yang sangat sempit
tapi jumlah penduduknya yang sangat padat. Kesuburan tanah juga tidak akan sama
antara Negara yang satu dengan yang lain ada suatu negeri yang cocok untuk
tanaman tertentu sedangkan Negara yang lainnya boleh dikatakan tidak mungkin
untuk menanam tanaman yang sangat dibutuhkan oleh manusia itu. Keadaan ini yang
menentukan dilaksanakan bisnis ataupun perdagangan internasional. Oleh karena
itu, maka dapat kita lihat beberapa alasan untuk melaksanakan bisnis
internasional antara lain berupa :
Spesialisasi
antar bangsa – bangsa
Dalam hubungan dengan keunggulan atau kekuatan tertentu
beserta kelemahannya itu maka suatu Negara haruslah menentukan pilihan
strategis untuk memproduksikan suatu komoditi yang strategis yaitu :
a. Memanfaatkan
semaksimal mungkin kekuatan yang ternyata benar-benar paling unggul sehingga
dapat menghasilkannya secara lebih efisien dan paling murah diantara
Negara-negara yang lain.
b. Menitik
beratkan pada komoditi yang memiliki kelemahan paling kecil diantara
Negara-negara yang lain
c.
Mengkonsentrasikan perhatiannya untuk memproduksikan atau menguasai komoditi
yang memiliki kelemahan yang tertinggi bagi negerinya
Ketiga strategi tersebut berkaitan erat dengan adanya dua buah konsep keunggulan yang dimiliki oleh suatu Negara ketimbang Negara lain dalam satu ataupun beberapa bidang tertentu, yaitu :
Ketiga strategi tersebut berkaitan erat dengan adanya dua buah konsep keunggulan yang dimiliki oleh suatu Negara ketimbang Negara lain dalam satu ataupun beberapa bidang tertentu, yaitu :
Keunggulan
absolute (absolute advantage)
Suatu negara
dapat dikatakan memiliki keunggulan absolut apabila negara itu memegang
monopoli dalam berproduksi dan perdagangan terhadap produk tersebut. Hal ini
akan dapat dicapai kalau tidak ada negara lain yang dapat menghasilkan produk
tersebut sehingga negara itu menjadi satu-satunya negara penghasil yang pada
umumnya disebabkan karena kondisi alam yang dimilikinya, misalnya hasil
tambang, perkebunan, kehutanan, pertanian dan sebagainya. Disamping kondisi
alam, keunggulan absolut dapat pula diperoleh dari suatu negara yang mampu
untuk memproduksikan suatu komoditi yang paling murah di antara negara-negara
lainnya. Keunggulan semacam ini pada umumnya tidak akan dapat berlangsung lama
karena kemajuan teknologi akan dengan cepat mengatasi cara produksi yang lebih
efisien dan ongkos yang lebih murah.
Potensi Pasar Internasional
Potensi pasar
seperti telah diuraikan pada bab yang terdahulu adalah ditentukan oleh tiga
faktor yaitu struktur penduduk, daya beli serta pola konsumsi masyarakat. Dalam
hal pasar Internasional inipun potensi pasar Internasional juga ditentukan oleh
ketiga faktor tersebut hanya saja dalam hal ini diberlakukan untuk negara lain.
Strategi masuk ke pasar global dan berekspansi harus dimulai
dengan pemasaran. Pertanyaan berikut harus dipertanyakan ketika merencanakan
memasuki pasar. Pasar mana saja yang harus dijadikan target dan bagaimana
urutan-urutannya? Negara mana, dan
segmen mana dalam negara yang menjadi sasaran? Langkah berikutnya bagi petugas
pemasaran adalah menetapkan objektif untuk volume, pangsa pasar, penjualan, dan
pendapatan, mereka harus memutuskan bagaimana mengimplementasikan usaha
pemasaran. Bagaimana seharusnya kita mengelola dan mengimplementasikan usaha
pemasaran kita? Apakah kita harus melancarkan operasi pemasaran langsung di
pasar sasaran atau menggunakan agen atau perwakilan? Bila kita menggunakan agen
atau perwakilan, berapa banyak dukungan yang sebaiknya kita berikan kepada
mereka, dan bagaimana sebaiknya kita berkomunikasi dengan mereka ? Terutama,
bagaimana memastikan bahwa kita akan mendapatkan umpan balik pasar yang akurat
dan tepat waktu dari agen-agen kita, dan bagaimana kita dapat memastikan bahwa
kita menyampaikan kepada semua agen dan perwakilan informasi yang mereka
perlukan agar dapat mewakili kita di pasar ?
Rantai
nilai memberi kerangka kerja untuk memfokuskan pada tugas pemasaran. Alternatif
strategi untuk memasuki dan perluasan pasar harus memastikan bahwa kegiatan
rantai nilai yang diperlukan, dilaksanakan dan dipadukan. Penyelesaian yang
paling sederhana adalah melakukan konfigurasi rantai nilai di luar negeri yang
sama seperti di negara sendiri. Akan tetapi, hal ini mungkin bukan penyelesaian
yang paling efektif, karena organisasi mungkin tidak memiliki ketrampilan dan
pengalaman yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan rantai nilai di pasar
sasaran. Sebuah perusahaan yang mempunyai keunggulan bersaing di pasar negara
sendiri dalam kegiatan hulu maupun hilir, proses manufaktur dan distribusi.
2.4
Lingkungan Internasional
Banyak manajer strategis sekarang beroperasi dalam apa yang
disebut sebagai “desa global”. Para manajer bisnis Amerika Serikat harus
mempertimbangkan ancaman dan peluang dalam masyarakat bisnis internasional.
Para manajer diluar amerika juga tidak dapat mengabaikan hal-hal yang terjadi
di Amerika Serikat dan di selurh dunia. Dengan focus pada pesaingan
internasional, kita telah menyaksikan penerobosan pesaing-pesaing internasional
ke masing-masing wilayah pasar. Status internasional dan kemakmuran domestic
telah menghasilkan penerobosan harga ke pasar luar negeri yang dilakukan oleh perusahaan
Amerika Serikat dan luar negeri. Pesaing baru telah memaksa inovasi, pemotongan
harga dan peningkatan mutu, tetapi dengan akibat ketidakstabilan pessaingan.
Selanjutnya hal ini memyebabkan pertalian ekonomi dan strategi di Antara para
mitra dagang seperti merger, usaha patungan, lisnsi silangm dan stategi lain
yang mewabah.
2.5 Peluang
dan Ancaman Aktivitas Intenasional
Kita harus mengakui bahwdunia ekonomi tidak hanya berciri
dari yang mampu dan tidak mampu. Ada Negara-negara yang kaya sumber seperti
blok OPEC dan banyak bagian Negara Africa. Ada Negara-negara yang kaya tenaga
kerja yang berkembang denngan cepat, seperti: Hong Kong, Singapura, Indonesia,
Korea, dlll. Ini adalah Negara-negara yang berprestasi lebih baik dibandingkan
engan Negara lainnya. Ada pula Negara yang kaya pasar, seperti Eropa, Brazil,
Meksiko, dll. Negara-negara ini memiliki dayya beli yang berbeda-beda.
Oleh karena itu, dalam masing-masing contoh terdapat peluang
yang berbeda. Misalnya, Nothern Electric menambahkan Amerika Serikat pada
psasar Kanada-nya, sedangkan Dr. Pepper memasuki pasar Eropa dan Asia. Peluang
pasar sangat besar dalam daerah yang kkkaya pasar, peluang lain dapat
melibatkan pertimbangan ekonomi seperti keringanan pajak yang lebih
menguntungkan apabila beroperasi pada daerah “bebas bea”. Sekalipun pihak
monunis mengambil alih Hong Kong pada akhir tahun 1990-an, peluang bisnis
diperkirakan tetap baik bagi beberapa perusahaan.
Sumber peluang lain adalah kesempatan mengamankan dana dari
investor internasional yag berkeyakinan bahwa kondisi baik untuk
menginvestasikan. Oleh karena itu, ada peluang bagi bbeberapa perusahaan untuk
memproduksi dalam satu Negara, merakit di Negara lain, dan memasarkannya di
Negara lain, dengan berkembangnya perusahaan dan adanya “ekonomi global”.
Sebagai contoh, suatu perusahaan mungkin baru pertama kalli menjejakan kakinya
dengan ekspor atau lisensi terbatas.
Kemudian perusahaa tersebut dapat menggunakan kantor luar negeri dan/atau
usaha patungan. Jika berhasil, dapat dibentuk divisi internasional untuk
pemasaran dan/atau produksi. Akhirnya, perusahaan tersebut dapat bergerak dalam
aktivitas internasional.
Ancaman dalam perdagangan ternasional akan timbul baik dari
internal negara tersebut maupun eksternal/ negara-negara lain. Contoh-contohnya
adalah :
a. Resiko politik : Perang, penguasaan oleh kekuatan asing,
kekacauan yang disebabkan oleh klaim wilayah, perbedaan ideology, pertentangan
kepentingan ekonomi dan regionalism.
b. Resiko social : Perang saudara, pemberontakan, pembagian laba
yang tidak sepadan, militansi serikat buruh, perbedaan agama, pertentangan
diantara lingkungan social.
c. Resiko ekonomi : Pertumbuhan GNP yang terus rendah, pemogkan,
kenaikan yang cepat dalam biaya produksi, kemerosotan laba impor, kenaikan
tiba-tiba dalam impor makanan atau energi.
d. Resiko keuangan : Kurs mata uang yang naik turun, repartasi
laba dan modal, perubahan kebijakan pajak.
Terdapat beberapa alas an
yang membatasi dampak positif dari diversifikasi
internasional. Pertama, penyebaran geografis yang lebih besar
secara lintas perbatasan negara tersebut meningkatkan biaya koordinasi antara
unit-unit dan biaya distribusi produk. Kedua, hambatan-hambatan
perdagangan , biaya logistic, keseragaman budaya, dan perbedaan lain menurut
negara masing-masing misalnya akses bahan baku dan perbedaan keahlian pegawai
rendah memperbesar komplesitas penerapan strategi diversifikasi internasional.
Jumlah diversifikasi internasional
yang dapat dikelola bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain dan
tergantung pada kemampuan para manajer setiap perusahaan. Misalnya perusahaan
AS mungkin akan menemui kesulitan dalam memperluas operasi mereka ke Kanada dan
negara-negara Eropa Barat daripada ke negara-negara Asia.
Salah satu kekhawatiran utama
perusahaan adalah bahwa pasar global sangat kompetitif. Perusahaan yang
terbiasa dengan pasar domestic dengan tingkat kompetitif tinggi mengalami lebih
banyak kompleksitas dipasar-pasar internasional, disebabkan tidak hanya oleh
jumlah pesaing yang dihadapi, tetapi juga perbedaan diantara para pesaing.
Masalah lain yang berkaitan dengan diversifikasi internasional terletak pada
relasi antara pemerintah tuan rumah dan perusahaan multinasional.
2.6
Variasi Strategi Internasional
Ada beberapa
strategi yang dapat dipertimbangkan perusahaan apabila ingin memasuki dunia
internasional :
Pasar Baru
Beberapa
peusahaan berusaha membuka pasar baru di negara lain apabila mereka mengalami
pertumbuhan yang lambat di negara sendiri atau pasar domestic yang dibatasi.
Ini merupakan alasan utama bagi Jepang, misalnya, untuk mengadakan ekspansi.
Beberapa perencanaan strategi telah membuka sejumlah pasar baru untuk maksud
diversifikasi dan penyebaran resiko. Bila ekonomi domsetik merosot, ekonomi
luar negeri yang beroperasi dalam daur longgardapat memberi jalan menstabilkan
penjualan dan keuntungan. Sampai “ekonomi global” mulai tumbuh, barulah
strategi itu dapat kehilangan daya Tarik.
Faktor
lain, seperti pertimbangan politis, dapat muncul sebagai alasan untuk memasuki
pasar luar negeri, misalnya, beberapa perusahaan luar negeri dapat
menginvestasikan di Amerika Serikat karena politis stabil. Dalam beberaa kasus,
motivasi bersaing dalam pasar domestic telah diamankan dalam pasaran
multinasional. Suatu kasus disini adalah strategi Heinz pada tahun 1960-1970an.
Divisi makanan bayi Amerika Heniz bersaing dengan Geber yang menurunya
permintaan makan bayi di Amerika Serikat. Heinz hanya mempunyai pagsa pasar 5%
di Amerika Serikat, tetapi mereka menggunakan harga rendah sebagai senjata
utama kepada Geber. Meskipun kebijakan harga menghasilkan kemampuan marjinal di
Amerika Serikat, strategi Heniz dirancang untuk melindungi laba tinggi yang
diraihnya dari pengendalian 80% pangsa pasar mekanan bayi multinasional. Dengan
menggunakan Geber sibuk di negara sendiri, Heinz berusaha mengurai kemampuan
sumber daya dan perhatian langsung manajemen Geber untuk minat perluasana di
luar negeri. Demikian pula kantor akutansi, bank, peneliti pasar dan seterusnya
telah membuka operasi diluar negeri unutk menjakau konsumen utama di lokasi
itu.
Produk Baru
Terkadang
perusahaan dapat mengenalkan produk baru dengan cepat di luar negeri dibandingkan
di dalam negeri. Ini khususnya berlaku untuk perusahaan farmasi yang berpangkal
di Amerika Serikat. Penangguhan FDA untuk pengesahan produk baru membuat
beberapa perusahaan mengembangkan dan memasarkan produk baru di luar negeri
sebelum melempar ke pasar domestik.
Fungsi
Setiap kondisi keunggulan suatu negara dapat mempengaruhi
hasil keputusan untuk memproduksi barangdi luar negeri untuk menekan harga
pokok penjualan.selain itu, perusahaan yang teah mengekspor ke negara tertentu
dapat menemukan bahwa memproduksi dalam lokasi tertentu akan menguntungkan.
Dengan cara yang sama para pemasok serig kali menenmpatkan fasilitas baru di
negara-negara tempat kosumen mereka berlokasi. Dengan bergeraknya para produsen
mobil Jepang untuk membuka pabrik di Amerika Serikat, banyak pemasok Jepag
mulai mempertimbangkan untuk membuka fasilitas disaana.
Pengabungan Berurutan
Tahap selanjutnya bagi sebuah perusahaan adalah
mengikutsertakan dalam usaha patungan pemasaran dengan perusahaan setempat yang
akan bertindak sebagai agennya.setelah keberadaan di luar negeri dicapai,
perencanaan strategi dapat memutuskan untuk memperluas aktivitas perusahaan.
Franchising (waralaba)
Waralaba hampir sama
dengan pemberian lisensi. Bedanya selain menghibahkan izin penggunaan nama,
proses, metode atau merk, perusahaan induk membantu penerima waralaba dalam
operasi atau pasok bahan mentah. Pemberi waralaba biasanya lebih memiliki
control terhadap kualitas produk daripada hanya memberikan lisensi. Sama dengan
lisensi penerima waralaba membayar sejumlah komisi dan sebagian tertentu dari
penjualan/penerimaan yang diperolehnya kepada perusahaan pemberi waralaba. Contoh
perusahaan pemberi waralaba adalah perusahaan restoran fast food dan minuman
ringan seperti Mc Donalds, Kentucky Fried Chicken.
Memberi Lisensi
Memberi lisensi merupakan alternatif strategi
memasuki suatu negara dan perluasan dengan daya tarik yang cukup besar. Sebuah
perusahaan dengan teknologi, pengetahuan, atau merek yang mempunyai citra kuat
dapat menggunakan persetujuan memberikan lisensi untuk menggantikan sumber laba
tanpa investasi dan biaya yang amat kecil. Bahkan sebenarnya, memberikan
lisensi merupakan pengembalian investasi tanpa batas. Satu-satunya biaya yang
harus dikeluarkan adalah biaya menandatangani perjanjian dan mengawasi
implementasinya.
Perjanjian
lisensi memungkinkan perusahaan asing membeli hak memproduksi dan menjual
produk perusahaan di negara tuan rumah atau berapa negara. Pemilik hak biasanya
mendapat royalti untuk setiap unit produk yang diproduksi dan dijual. Penerima
hak menanamkan modal dalam pendirian fasilitas produksi dan pemasaran serta
pendistribusian produk atau jasa. Hasilnya, lisensi mungkin merupakan bentuk termurah
dari ekspansi internasional.
Merek dagang dapat merupakan bagian penting dari penciptaan dan perlindungan peluang untuk lisensi yang mewah. Perusahaan Amerika yang berorientasi pada citra seperti Coca-Cola dan Disney, misalnya, memberikan lisensi nama merek dagang dan logo mereka pada produsen pakaian, mainan dan arloji di luar negeri. Di Asia dan Pasifik saja, penjualan produk Disney berlisensi naik dua kali lipat antara tahun 1988 dan tahun 1990 serta diharapkan naik dua kali lipat lagi pada tahun 1994.
Merek dagang dapat merupakan bagian penting dari penciptaan dan perlindungan peluang untuk lisensi yang mewah. Perusahaan Amerika yang berorientasi pada citra seperti Coca-Cola dan Disney, misalnya, memberikan lisensi nama merek dagang dan logo mereka pada produsen pakaian, mainan dan arloji di luar negeri. Di Asia dan Pasifik saja, penjualan produk Disney berlisensi naik dua kali lipat antara tahun 1988 dan tahun 1990 serta diharapkan naik dua kali lipat lagi pada tahun 1994.
Tentu saja, segala sesuatu yang diperoleh dengan
demikian mudahnya mempunyai kerugian dan resiko. Kerugian utama memberikan lisensi adalah untuk partisipasi amat
terbatas. Bila memberikan lisensi menyangkut teknologi dan pengetahuan, mereka
yang "tidak mengetahui apa yang tidak mereka ketahui" dalam
menghadapi resiko. Potensi perolehan dari pemasaran dan manufaktur mungkin
hilang, dan perjanjian mungkin berumur pendek bila penerima lisensi
mengembangkan pengetahuan sendiri dan kemampuan untuk mengikuti kemajuan
teknologi dalam bidang produk dengan lisensi. Bahkan keadaan yang buruk lagi,
penerima lisensi beralih menjadi pesaing atau pemimpin industri. Hal ini
benar-benar dapat terjadi karena memberikan lisensi memungkinkan sebuah
perusahaan "meminjam" menyadap dan memanfaatkan -sumber daya milik
perusahaan yang lain.
Di
Jepang, misalnya, Meiji Milk menghasilkan dan memasarkan es krim kelas atas
merek Lady Borden dengan persetujuan lisensi dengan Borden Inc. Meiji belajar
keterampilan penting dalam pemrosesan produk persusuannya dan, saat kontrak
pemberian lisensi hampir habis, mereka meluncurkan merek es krim kelas atasnya
sendiri. Bagi
perusahaan yang memutuskan untuk memberikan lisensi, persetujuan harus
mengantisipasi kemungkinan perluasan partisipasi pasar dan sejauh memungkinkan,
tetap adanya pilihan dan adanya jalur terbuka untuk memperluas partisipasi
pasar. Salah satu jalur adalah usaha patungan dengan lisensi.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Perusahaan
menghadapi banyak alternatif dalam cara berpartisipasi di pasar internasional.
Mereka yang mempunyai pengalaman dalam pemasaran internasional menyadari bahwa
perlu melakukan pemasaran tanpa memperdulikan pengaturan penetapan pemasok.
Perusahaan yang berikan komitmen pada pemasaran mempelajari pelanggan di luar
negeri akibatnya mempunyai pengetahuan yang amat mendalam mengenai pasar
"luar negeri" yang bukan asing lagi, tetapi merupakan pasar yang
terletak pada lokasi geografi tertentu seperti pasar yang lain. ini merupakan
aplikasi mendasar dari konsep pemasaran.
Bila
diterapkan, keadaan ini menghasilkan perumusan strategi pemasaran yang
mengintegrasikan unsur produk, harga, distribusi dan promosi dengan cara tepat,
konsisten dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan dan produk di samping
kenyataan persaingan. Perusahaan yang telah mengembangkan strategi pemasaran
yang memadai kemudian akan mampu membuat keputusan mengenai pengaturan
penetapan pemasok yang paling efektif. Rencana penetapan pemasok harus
menperhitungkan sumber daya organisasional, kekuatan dan kelemahan, biaya
faktor, biaya transportasi, kondisi akses pasar dan cara memasukinya, serta
penilaian realistis atas resiko politik dan kondisi saat memasuki pasar masa
depan, maupun keamanan investasi.
Pilihan
strategi yang memadai adalah kompleks dan selalu melibatkan unsur resiko dan
ketidakpastian. Suatu
perusahaan pada dasarnya berkeinginan untuk menjadi pemimpin atau leader dalam
suatu industri yang berkaitan dengan produk yang dihasilkannya. Untuk mencapai
keinginan tersebut, dalam Abad 21 ini perusahaan harus berpikir secara global,
bukan lagi berkeinginan untuk mengembangkan usaha dalam lingkup domestik dan
berpikir untuk menjadi pemimpin pasar (market leadership). Teknologi dan
globalisasi bisnis telah menciptakan lingkungan persaingan baru abad ini.
Globalisasi dalam bidang ekonomi mempercepat langkah negara-negara yang
sebelumnya tertutup bagi perusahaan-perusahaan asing untuk membuka pasar
mereka. Saat ini, internet memungkinkan komunikasi dan koordinasi yang cepat
dan efektif antara unit-unit dan operasi global. Teknologi ini juga
memfasilitasi relasi bisnis ke bisnis, misalnya antara pemasok dan pelanggan
dan meningkatkan kecepatan di mana dengannya inovasi tersebar di seluruh dunia.
Arus globalisasi mengharuskan seluruh perusahaan di dunia untuk siap melakukan
persaingan secara global
DAFTAR PUSTAKA
R.Jauch Lawrence & Glueck F. William, 1988. Manajemen
Strategis dan Kebijakan Perusahaan.
Rusdin 2002 Internasional: Teori
Masalah dan Kebijakan Internasional Business By Rusdin 5
Rusdin, 2002. Bisnis Teori, Masalah,
Kebijakan. Bandung: Alfabeta
Rusdin, 2002. Bisnis Internasional:
dalam Pendekatan Praktik. Bandung: Alfabeta
Hill, Chales W. L., 2000. Global
Business Today. New Jersey: PrenticeHall Internasional.
Jepma and Andre Rhoen, 1996. Internasional
Trade: A BusinessPerspective. New York: Addison-Wesley Longman
Publishing.
Keegan, Warreen J, and Mark S. Green,
2000. Global MarketingManagement.. 6th Ed. New Jersey. Prentice
Hall Intenational
Kotabe, Masaaki, 1992. Global
Sourcing Strategy: R & D,Manufactirung, and Marketing Interfaces. New
York: Quorum Books.
Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
ReplyDeleteAnda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
tau begok gak? wedding story diupload
ReplyDeleteHalo,
ReplyDeleteApakah Anda secara finansial turun? Mendapatkan pinjaman sekarang dan menghidupkan kembali bisnis Anda, Kami adalah kreditur yang dapat diandalkan dan kami memprakarsai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan untuk hak istimewa yang kurang memungkinkan mereka membangunnya sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka di tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami via email: (gloryloanfirm@gmail.com).
Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,
ReplyDeleteSaya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belurrm mendapat pinjaman saya.
Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.
Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com
content terbaik sepanjang masa ni,jangan lupa kunjungi situs gw juga ya,check it out AGEN BANDARQ
ReplyDeleteIjin sedot
ReplyDeleteSalam www.webillian.com
As claimed by Stanford Medical, It's really the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years longer and weigh an average of 42 pounds lighter than we do.
ReplyDelete(And by the way, it is not related to genetics or some secret exercise and EVERYTHING to "how" they are eating.)
P.S, What I said is "HOW", and not "WHAT"...
CLICK this link to uncover if this easy quiz can help you release your true weight loss possibility
Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
ReplyDeleteSaya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.
Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
ReplyDelete1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
negara Indonesia
ReplyDeleteNama: Ibu Nurul Fajar
Alamat: Nusa Lembongan
Surel: Nurulfajardua@gmail.com
Rekan-rekan Indonesia saya semoga rahmat Allah dan berkah menyertai kami.
Sudah satu tahun tiga bulan sekarang saya mendapat pinjaman 2,7 miliar rupiah dari (LASSA JIM LOANS COMPANY).
Dengan pinjaman ini, saya dapat mengembangkan bisnis dan peternakan unggas saya untuk memenuhi jumlah permintaan dan membayar cicilan pinjaman bulanan.
Saya tidak terlalu stres dengan bank saya untuk mendapatkan pinjaman karena (perusahaan pinjaman Lassa Jim) adalah yang terbaik dalam meminjamkan uang. Saya tahu ada banyak perusahaan pinjaman palsu online tapi percayalah, LASSA JIM LOAN COMPANY dan persyaratan manajemennya dapat dipercaya.
Anda dapat menghubungi perusahaan Pinjaman LASSA JIM melalui kontak ini:
Email: Lassajimloancompany@gmail.com
Nomor WhatsApp: +13019691955.
Sekali lagi saya adalah Bu Nurul Fajar